Minggu, 07 Oktober 2012

Berbagi Pengalaman dalam Membuat Sistem Informasi

Hay para blogger sekalian, kali ini saya mau berbagi pengalaman saya dalam membuat sistem informasi nih. Siapa diantara kalian yang mengetahui apa itu sistem informasi? Seberapa pentingnya sistem informasi dalam kehidupan sehari-hari dan bagaimana sih caranya membuat sistem informasi itu sendiri?. Sistem Informasi menurut saya sendiri mungkin dapat diartikan sebagai Sistem pengolahan data yang berkaitan dengan perpaduan antara aktivitas kehidupan manusia sehari-hari dengan tekhnologi informasi untuk mendukung setiap kegiatan dengan bantuan operasi dan manajemen. Biasanya dalam membuat sistem informasi kita merujuk kepada interaksi keterkaitan manusia dengan proses algoritma, data, atau bahkan tekhnologi dalam bidang tekhnologi informasi dan komunikasi dalam perkembangan bisnis dan kemajuan tekhnologi. Itu adalah seklumit penjelasan mengenai Sistem Informasi, nah untuk lebih lanjutnya lagi, yuk ah tetep cekidot ya saya akan mulai berbagi pengalaman pribadi saya dan beberapa teman sekelompok saya dulu pada tingkat satu dalam membuat sistem informasi menggunakan database dan sql. . Saya ingat, kurang lebih satu setengah tahun yang lalu saat saya masih berada di tingkat satu atau perkuliahan semester dua, saya pernah ditugaskan oleh salah satu dosen mata kuliah Konsep Teknologi Informasi (KTI B) untuk membuat kelompok yang masing-masing kelompoknya terdiri dari 3 orang untuk membuat Sistem Informasi yang berhubungan dengan pembuatan database yang dilengkapi dengan beberapa table yang berhubungan dengan sistem informasi perkuliahan. Akhirnya saya beserta kedua orang teman saya yang bernama Dwinita Puspitasari dan Rina Ravella Susantika pun sepakat untuk membuat Database yang bernamakan “PILAR”. Sekedar informasi tambahan nih ya, nama “PILAR” sengaja kita pilih karena itu adalah gabungan dari ketiga nama kita yaitu, (PI ta, LA dy, R ina) maka terbentuklah kata “PILAR”, sebenernya gak penting juga sih sejarah namanya dengan penjelasan mengenai Sistem Informasi itu sendiri hehehe tapi untuk sekedar informasi untuk pergangan aja biar ada hiburan sedikit hehehe. Database PILAR yang kami buat berhubungan dengan pembuatan Database yang berhubungan dengan Data Mahasiswa Universitas Gundarma yang kami ambil dari BAAK Gunadarma. Data mahasiswa yang kami buat terdiri dari 500 daftar nama mahasiswa angkatan tahun 2010 Jurusan Teknik Informatika yang kemudian kami jadikan record-record dalam pembuatan database itu sendiri. Oh iya, teman-teman sekalian sudah tahu apa itu Database? Database adalah suatu kumpulan dari data yang tersimpan dan diatur dan saling berkaitan satu sama lain sehingga data tersebut dapat diambil atau dicari dengan cara yang mudah dan efisien. Dalam pembuatannya, Database terdiri dari beberapa field yang merupakan tempat dari record dan record yang merupakan isi dari data yang kita miliki dan keduanya tersebut sama-sama memiliki fungsi dan type data masing-masing namun tetap saling berkaitan satu sama lain. Sebelumnya, sewaktu saya masih duduk dibangku kelas 2 SMK, saya juga pernah ditugaskan untuk membuat Database dengan menggunakan Aplikasi My SQL. Karena pembuatannya yang mudah dipahami dengan menggunakan My SQL ini pun, akhirnya kami bertiga sepakat untuk membuat Database Daftar Nama Mahasiswa Teknik Informatika Universitas Gunadarma menggunakan My SQL ini. Kami membuat kurang lebih 9 field yang berisikan beberapa table yaitu No, Nama, Kelas, NPM, JK (Jenis Kelamin), Jurusan, Jenjang, Kampus, dan Keterangan. Karena sifatnya yang sangat pribadi, maka kami menggunakan sistem primary key pada NPM. Primary key digunakan agar pada saat pembuatan NPM tidak terjadi kesamaan data yang akan berulang lebih dari satu kali. Karena kami tidak memiliki mentahan data nama-nama mahasiswanya, akhirnya dalam penginputannya kamipun menggunakan cara manual dengan menggunakan sistem copy-paste dari BAAK. Karena penginputan data yang tidak sedikit, kami pun berbagi tugas dengan adil. Pita dan Rina bertugas untuk menginput masing-masing 200 data dan saya sendiri bertugas menginput 100 data. Eits jangan dulu khawatir dan merasa ini tidak adil untuk Pita dan Rina hehehe. Saya hanya mendapatkan tugas menginput 100 data saja dikarenakan saya masih mempunyai tugas lain sebagi seorang moderator yang nantinya bertugas untuk menjelaskan mengenai bagaimana sistem pengerjaan Database yang kami buat beserta semua point-point pembuatannya dengan cara mendetail dan rinci selama dua minggu proses pembuatan. Setelah proses pembuatan selama dua minggu itupun usai, akhirnya pada pertemuan yang sudah disepakati sebagai hari persentasi itupun tiba juga. Sebelumnya saya, pita dan rina pun sudah mulai mempelajari dan mencoba untuk dapat belajar mempersentasikan hasil kerja kelompok kami selama ini agar tidak sia-sia. Namun, dosen memutuskan dari sekian banyak kelompok yang maju mungkin hanya beberapa kelompok saja yang akan diberikan kesempatan untuk mempersentasikan hasil dikarenakan waktu yang kurang mendukung. Saat itu, kelompok kammi mendapatkan kehormatan untuk tampil kedua. Awalnya cukup deg-degan juga sih tapi dengan persiapan yang sudah kami lakukan kami tampil cukup siap dibandingkan dengan kelompok yang lainnya. Kami dapat dengan singkat namun jelas dan lancer dalam mepersentasikan hasil kami dan menyelesaikan beberapa test yang diberikan oleh dosen. Rasanya puas, hasil kerja keras kami selama dua minggu pun terbayarkan dengan tepuk tangan para pendengar sekalian dan nilai yang cukup memuaskan yang diberikan. Dari pengalaman kami ini mungkin teman-teman dapat mengambil pelajaran berharga bahwa setiap hasil usaha kerja keras nantinya juga akan terbayarkan dengan hasil yang maksimal dan memuaskan kok. Sekian pengalaman saya dalam pembuatan database sebagai sistem informasi yang dapat saya ceritakan. Mudah-mudahan teman-teman pembaca senang ya. .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar