Senin, 05 Mei 2014

Disiplin dalam Belajar


Disiplin menurut saya adalah bagaimana cara kita bertanggungjawab dan tunduk dalam mematuhi setiap peraturan yang ada dalam setiap pekerjaan yang kita lakukan dengan sigap menyelesaikannya tepat pada waktunya tanpa harus menunda-nunda setiap tugas dan tanggung jawab yang kita miliki. Disiplin berguna untuk mengembangkan watak setiap individu maupun kelompok dalam mengendalikan diri dan berperilaku tertib serta efisien dan nantinya dapat menjadi panutan dalam pengolahan waktu yang baik. Disiplin juga memiliki peranan penting yang berkualitas dalam mendidik setiap pelaku diberbagai faktor kehidupan sehari-hari, baik di lingkungan ibadah, keluarga, sekolah, organisasi, kantor, hingga bakat masing-masing pelaku.

Fungsi utama disiplin adalah mengajarkan kepada setiap pelakunya untuk dapat lebih  mengendalikan diri dengan mudah, menghormati dan mentaati setiap peraturan berkaitan dengan setiap hal yang kita lakukan sebagai berikut:
1.      Menerapkan pengetahuan dan pengertian sosial antara lain mengenal hak milik orang lain
2.      Mengerti dan segera menurut untuk menjalankan kewajiban dan merasa mengerti larangan-larangan.
3.      Mengerti tingkah laku yang baik dan tidak baik.
4.      Belajar mengendalikan diri, keinginan dan berbuat sesuatu tanpa merasa terancam oleh hukuman.
5.      Mengorbankan kesenangan sendiri tanpa peringatan dari orang lain.

Sedangkan Belajar merupaka suatu panggilan hidup untuk setiap individu dapat mengarahkan setiap pola pikir ke arah yang lebih maju dan berkembang. Tanpa belajar, akan mengakibatkan menurunya kualitas pada diri seseorang. Mengapa setiap orang harus belajar? Karena melalui proses belajar inilah, seseorang akan dapat menyadari dan mengembangkan dengan baik kualitas akan dirinya masing-masing untuk dapat menjadi lebih baik lagi dalam menjalani setiap proses kehidupannya yang penuh warna dengan konsisten melalui kesadaran diri dalam termanifestasikan menggabungkan suatu proses kedisiplinan serta kemauan untuk belajar melalui suatu proses disiplin dalam belajar.

Jadi, secara keseluruhannya, suatu definisi disiplin belajar sebetulnya sangat banyak sekali diungkapkan oleh para ahli-ahli pembelajaran, namun secara singkatnya, dalam tulisan yang saya buat ini menjelaskan pemahaman bagaimana arti dari disiplin belajar itu adalah kesadaran diri untuk mengendalikan atau mengontrol dirinya untuk sungguh-sungguh belajar, sehingga proses belajar nantinya akan penuh kesadaran, tanpa paksaan dan penuh sukacita/bersyukur.
Sebenarnya, proses dalam mengaplikasikan pengertian disiplin belajar memang tidaklah mudah tetapi tidak berarti tidak mungkin berhasil. Karena untuk mampu disiplin dalam belajar memerlukan suatu perenungan untuk terus bertanya pada diri mengapa saya harus belajar hingga orang tersebut memperoleh suatu alasan yang mendalam dan memuat spiritualitas, emosi dan kognitif mengapa harus belajar. Selain itu, kita harus menanamkan dalam diri kita sendiri bahwa kita pasti bisa jika kita mau berusaha, karena tidak ada orang yang berhasil hanya dengan proses berdiam diri saja.
Semoga Sukses ;).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar