Selasa, 18 Juni 2013

Tugas Pengantar Teknologi Game, Interactive System (Bagian 3)

Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang Sistem Interaktif atau biasa disebut dengan Interactive System. Pada Sistem Interaktif ini secara garis besar terbagi menjadi 2 bagian penyusun yaitu, Interactive Entertaintment atau Hiburan Interaktif, dan Intercative Programs atau Program Interaktif. Pertama-tama mari kita bahas tentang Interactive Entertainment terlebih dahulu. Interactive Entertaintment adalah sebuah Interaksi yang bersifat menghibur melalui media. Konsep dari Hiburan Interaktif ini adalah melalui media yang dapat langsung direspon oleh pengguna system, pengguna menerima interaksi melalui kombinasi teks, gambar, animasi, atau video yang sifatnya memberikan informasi dengan diselipkan unsure hiburan yang membuat pengguna tidak jenuh. Selanjutnya Interactive Programs. Ketika program sudah aktif, bukan berarti program tersebut sudah dapat rilis dan dipasarkan ke masyarakat pengguna. Ada prosedur yang harus dilengkapi sebelum program tersebut dilempar ke ranah user media. Fokus dari program interaktif ini adalah teks program yang menjadi interface utama untuk program yang dijalankan, bukan aplikasi interaktif yang berkomunikasi dengan pengguna. Program interaktif lebih dikonsentrasikan dalam pengembangannya untuk digunakan sesudah programnya menyebar luas ke masyarakat pengguna. Ada hal penting yang harus diperhatikan dalam program interaktif, yaitu pengguna program dan programnya itu sendiri. Pengguna sangat dibutuhkan untuk menentukan cakupan fasilitas program, karena program yang dibuat berdasarkan kebutuhan pengguna dan digunakan untuk memudahkan pengguna. Jadi program dan pengguna adalah 2 elemen vital yang saling berhubungan yang dibangun dalam sebuah komunikasi yang diwujudkan denga GUI pada program tersebut. Setelah kita membahas tentang system interaktif, kita melompat pada penggunaan GUI dalam dunia pengetahuan komputer. Beberapa fungsi GUI antara lain : Pointing device dengan perangkat berupa mouse Memiliki fungsi sebagai plug and play, yang mana memudahkan user dalam menginstall dan uninstall hardware/sofware (sinkronisasi) Membuat software-software yang menuntut aplikasi dalam komputer user yang dapat digunakan untuk kegiatan user dalam proses seperti menulis text, spreadsheet. sound, graphic dan lain-lain Untuk digunakan dalam pembuatan System Operasi sebagai User friendly dan ergonomis Pembuatan website Opensource software/hardware atau pengembang aplikasi-aplikasi skala besar lainnya. GUI juga memiliki beberapa komponen, antara lain : Label
Button
Text Field
Text Area
Combo Box
Radio Button
Check Box
Didalam GUI juga terdapat event, yaitu kejadian yang muncul ketika pengguna berinteraksi dengan aplikasi, tanpa event, GUI tidak akan bisa dijalankan. Ada beberapa jenis event dalam GUI, antara lain : · Event Source Adalah komponen visual seperti Button, Combobox, Text Field, dan lain-lain · Event Model Untuk mendeskripsikan bagaimana reaksi program terhadap interaksi pengguna pada bagian-bagian penting program. · Event Listener Objek penerima dan pengolah event, sebagai inti dari program (menampilkan informasi penting kepada pengguna, melakukan komputasi, dan lain-lain) · Event Object Objek yang terbentuk saat event dijalankan · Event Handler Blok method dari listener yang menetukan proses selanjutnya setelah melakukan event, misalnya tombol next, tombol save, dan lain-lain. Setelah penjelasan tentang GUI diatas, saya bertaruh anda semua bertanya-tanya tentang hubungan yang terjadi antara event dan program interaktif. Apa yang sebenarnya terjadi antara mereka berdua, apa jangan-jangan mereka mempunyai hubungan gelap? Atau bahkan mereka sebenarnya sama sekali tidak saling kenal? Ini menjadi sebuah misteri bagi saya dan kelompok saya. Sampai akhirnya kami bertiga memutuskan untuk mencari referensi di google untuk mendapatkan literatur yang berdasar tanpa harus menebak-nebak apa yang sebenarnya terjadi diantara mereka. Setelah saya dan teman-teman saya menyelam sambil minum es campur kedalam google, kami menemukan gambar yang menjelaskan tentang hubungan event dengan konsep program interaktif. Berikut ini adalah gambarnya :
Sebenarnya saya dan kawan-kawan tidak begitu mengerti maksud dari gambar tersebut, karena banyak tanda panahnya, saya sempat berpikir kalau gambar tersebut berhubungan dengan pernikahan seseorang. Karena disetiap undangan pernikahan biasanya terdapat dengan menuju lokasi hajatan. Nah, saya lihat ada kemiripan tanda panah yang ada pada gambar tersebut dengan gambar disetiap undangan-undangan pernikahan. Tapi ternyata saya salah, dan saya malu. Tetapi tidak apa-apa karena dalam setiap pembelajaran, melakukan kesalahan itu adalah sebuah hal yang biasa, yak an? J Setelah berdiskusi beberapa lama, kelompok kami akhirnya bisa mengartikan secara harfiah arti gambar tersebut. Dalam gambar tersebut ternyata dibedakan antara pemrograman standard dan pemrograman interaktif. Pada pemrograman standar, implementasi solusi dari program diberikan begitu saja tanpa ada interaksi antara program dengan pengguna, jadi pengguna tidak dapat menentukan apa yang ingin dilakukan olehnya karena semua telah diatur oleh program. Beda dengan pemrograman interaktif, pengguna mempunya kontrol terhadap keputusan yang akan diambilnya untuk kelanjutan solusi dari program tersebut. Dengan kata lain, disini terjadi interaksi antara program dengan pengguna, maka dari itu dinamakan pemrograman interaktif (Interactive Programming). Sekian penjelasan dari kelompok kami tentang system interaktif, mohon maaf apabila ada kesalahan dan kekurangan, saya akhiri, salam dan terima kasih. Sumber : http://www. nryulia.staff.gunadarma.ac.id http://www.noorhayatin.staff.umm.ac.id http://ittelkom.ac.id/staf/mhd/MateriKuliah/Software%20Project%20I/Referensi/e-Book/GUI.pdf http://en.wikipedia.org/wiki/Interactive_programming http://elektroengineering.blogspot.com http://momotarokun.wordpress.com http://noorhayatin.staff.umm.ac.i http://www.apl.jhu.edu/~hall/CWP-Chapter13/images/Checkboxes-WJ.gif http://www.roseindia.net/java/example/java/swing/images/SwingRadioButtonsWithoutSelected.gif https://www.java.net//blog/pkeegan/archive/comboToTable.png http://www.leepoint.net/notes-java/GUI/components/40textarea/TextAreaDemoBefore.gif http://docs.oracle.com/javase/tutorial/figures/uiswing/components/TextFieldDemo.png http://zetcode.com/img/gui/javaswing/multiplesources.png http://docs.oracle.com/javase/tutorial/figures/uiswing/components/LabelDemoMetal.png

Tidak ada komentar:

Posting Komentar